23/07/17

Pengalaman SBMPTN 2017 - Gampang atau Susah?

Selasa, 16 Mei 2017 adalah tanggal yang cukup menegangkan bagi gw. dikarenakan saat itu gw harus mengkuti ujian yang namanya SBMPTN 2017 - Seleksi Bersama Masuk Peruguruan Tinggi Negeri 217 yang diselenggarakan oleh KEMERISTEKDIKTI - Kementerian Riset Teknologi  Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Jauh sebelum UN dan tanggal ujian SBMPTN 2017 gw pengen cerita dulu nih pengalaman gw waktu SBMPTN 2017. kata SBMPTN adalah sebuah kata horror misterius bagi bukan dikarenakan banyak yang bilang " soalnya susah loh", "SBM ketat banget sistimnya", "SBM pengawasnya ribet" dll. well, jujur gw gak peduli seberapa susah soal, ketatnya sistim dan seberapa ribet pengawasnya toh kalau kita sungguh2 dan peduli soalnya bakalan gampang kok. Yang gw pedulikan adalah tipe apakah soalnya akan keluar, berapa banyak soal yang keluar tiap babnya? that's it.

Sekitar kenaikan kelas 3 dari kelas 2 SMA, udah banyak sekali temen gw yang sudah bersiap-siang dengan ujian SBMPTN ini, ada yang udah coba masuk bimbel khusus materi SBM-lah, beli buku rahasia-rahasia gitu lah, sampe ada yg ikut kursus online. Well, pada waktu itu gw masih acuh tak acuh dengan ujian SBM ini, gw masih mikirin UN makanya gw ikut bimbel regular walaupun begitu setelah UN selesai bimble yang gw ikutin ini bakalan fokus ke materi SBM.

And then.... tibalah yang ditunggu UN. Gw masuk Lab.Komputer duduk di tempat gw dan disinilah kampret momenya dimana kalau kaliah tahu nih ya, UN 2017 kan dibagi menjadi 4 mata pelajaran dari 6 mata pelajaran. dimana untuk IPA mata pelajarannya adalah
  1. Bahasa Indonesia
  2. Bahasa Inggris
  3. Matemarika
  4. Pilihan (Biologi/Fisika/Kimia)
Okelah gw kan mau masuk IT gw pilih fisika, dan ternyata temen-temen gw yang duduk di samping gw gada ada yang milih Fisika, pada milih biologi semua, sialan, yaudah lah emang gw dari dulu gak pernah nyontek pas UN yaudah gw sungguh sungguh ngerjainnya.

Ujian Bahasa Indonesia, ahh gw ngerjainnya lancar jaya secara gw orang Indonesia masa bahasa sendiri gak bisa.
Ujian Bahasa Inggris, hm ini secondary language. Terdengar sombong, ya tapi gitu emang bener bahasa Luar Negeri yang gw paham cuman ini.
Ujian Matematika, oke gw udah hampir namatin SSJUN (semacam buku soal menjelang UN gitu dipinjemin oleh sekolah), gw harus bisa dan ternyata gw lancar ngerjaiinya.
Ujian Fisika, nahh ini kampretnya di Fisika ini, dari awal-awal kelas 3 gw usaha mati-matian ngerjain soal Fisika di buki SSJUN dan browsing soal-soal TO UN DKI tahun lalu sampe soal UN 2016. akan tetapi Tuhan berkehendak lain Soal fisika beda banget dari yg gw pelajarin. feels sad man.

Dan tibalah hasil Ujian Nasional, nilainya kurang memuaskan untuk mata pelajaran matemarika dan Fisika. gw engga ngerti kenapa matemarika gw jelek secara gw udh hampir namatin buku SSJUN dan untuk fisika yaudahlah bukan rezeki gw.

Dan di sinilah pengalaman SBMPTN 2017 gw dimulai

Gw doain kalian peserta SBM tahun berapapun lolos ujian ya~

3 hari setelah UN, Jumat, Seninya udah ga wajib masuk sekolah yes , gw udah fokus masuk bimbel dengan fokus pelajar SBMPTN. Karena gw ikut ujian SAINTEK maka mata pelajarannya adalah
  1. TPA: Numerik,Verbal,Spasial. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matemarika Dasar
  2. SAINTEK : Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi
Karena waktu dari pasca UN sampai SBM hanya 1 bulan lamanya oleh karena itu waktu diubah yang biasanya dari jam setengah 5 sore sampe jam 8 malam menjadi dari pagi jam 9 pulang jam setengah 3, dan diulang setiap hari selama 6hari/7hari ampe seneng bosen di tempat bimbel terus. Dan ditambah juga gw sama temen-temen gw suka ikut konsul gitu dan waktu itu menejelang SBMPTN gw sama temen gw konsul pelajaran Kimia dari jam 4 Sore dan pulang jam 10 malam dan itu diulang sampe 4 hari berturut-turut. Capek ? engga Iya. Bosen ? engga Iya. Namanya juga proses dalam kehidupan, harus jalanin aja.

Selama sebulan penuh itupun para siswa bimbel dikasih 4 buku yang terdiri 2 buku kumpulan rumus dan kumpulan soal untuk 2 mata soal di atas. Di dalam buku tersebut berisi dari 7 bab soal, setiap minggu kami harus mengerjakan minimal 2 bab per minggunya dan harus dikumpulkan setiap pergantian perminggunya.

Gw bosen, gw lelah, karena senin-minggu kecuali sabtu gw harus les dan dihari itupun gw harus mengerjakan buku tersebut yang totalnya ada 8 pelajaran x 2 bab yang berisi 25 soal rata-ratanya = 400 soal menurut perhitungan otak gw. Karena manusia juga butuh enterainment setiap sabtu gw main game aja dan kadang2 kalau gw lagi males ngerjain soal itu gw main game juga, dan kebutulan gw maen game Rise Of The Tomb Raider. Setelah 2 jam gw bermain. lanjut belajar lagi, ngerjain soal di buku itu lagi. Dan kalau gw gak main game paling gw bengong sambil nyetel lagu lewat spotify. 

Selain itu juga setiap hari senin perminggunya ada TO SBMPTN, TO SBM tersebut dilaksanakan hanya 4 kali karena hanya 1 bulan persiapan. Setiap TO itu gw berahap nilai gw harus lulus minimal skor gw 600-an. Kalau lu nanya kenapa ga ada passing grade? tempat les gw NF itu gak make sistim Passing grade. Mereka pakai Skala 250-1000. untuk jurusan gw pun berbeda2. Prodi gw pun tingkatan skornya dari 500-an sampai 600-an lebih.


Dan inillah hasil TO gw, sebenernya ada 1 lagi pre TO, cuman gw lupa naronya di mana







Keterangan : TP:Tidak Proses, L*: Lulus ke-*, -* : nilai kurang -*
Alhamdulilah dari TO Ke-1 sampai TO ke-3 nilai gw terus meningkat sedikit demi sedikit, walaupun ada penurunan saat skor di TO ke-4 ga begitu berpengaruh bagi gw karena gw cukup lelah dengan fulltime bimbel.

dua hari sebelum ujian SBMPTN 2017 gw engga belajar sama sekali, karena seinget gw guru gw bilang "refreshign aja dulu" oleh karena itu waktu itu juga ga gak nyentuh buku sama sekali malah seharian maen ampe Senin sore baru gw berhenti karena selasanya udah ujian.

Tibalah hari yang ditaku-takuti oleh orang-orang.

Pukul 05.00 dini hari, gw udah bangun mandi, ibadah, persiakan keperluan ujian seperti: 
  1. Kartu Ujian SBMPTN
  2. SKL yang sudah dilegalisir/Ijazah
  3. Alat tulis
  4. Makanan dan Minuman (saran gw)
Karena gw baru lulus SMA, jadi gw cuman bawa kartu ujian SBMPTN, SKL dan Alat tulis. jalan pukul 06.00 ke tempat ujian gw SMAN 54 Jakarta, karna dijalan macet di daerah Rawamangun sampai disana pukul 06.30. Gw cari ruangan gw dan ternyata ruangan gw lantai 1 nomor 24. Disana ternyata sudah banyak orang, ada yg lagi ngobrol ama temen2nya, ada yg belajar, dan juga ada yg gabut. Karena gw ujian SBMPTN di SMAN 54 cuman gw doang yang dari sekolah gw. Otomatis gw ajak ngobrol aja orang yang paling deket posisinya sama gw.

Bel berbunyi, gw masuk ruangan dan ternyata gw dapat kursi paling pojok kanan belakang. Pengawas ruang gw itu Mahasiswa UNJ sama Guru sekolah SMAN 54. Mereka membagikan kertas soal dan LJK dan disaat itulah gw gemeter. 


Gw amat bersyukur karena yang pertama itu Saintek, karena masih pagi otak gwpun masih fresh gw ngerjain soal Saintek itu cuman 8 soal: 1 matematika, 2 fisika, 3 kimia, 3 biologi. saran gw saat mengerjakan soal SBM jangan pernah terpaut sama soal yang bikin lu penasaran karena itu akan menyita waktu lu ngerjain. 

Bel berbunyi tanda istirahat

Seperti yang gw sarankan sebelumnya untuk membawa makanan, waktu istirahat gw makan makanan yang gw bawa dan minum secukupnya. Setelah makan makan karna waktu istirahat 30 menit, gw buka Line dan ternyata banyak dari temen-temen gw yang ngerjain soal lebih dari 10 soal. gw down karena gw hanya mengerjakan 8 soal, walaupun begitu gw ga mau terlalu mengkhawatirkan karena gw optimis jawaban yang gw jawab itu benar.

Bel berbunyi tanda masuk kembali

Pengawas kembali memberikan LJK dan soal kali ini yang dibagikan adalah TKPA, saat gw mengerjakan soal ini gw cukup stress karena otak gw udh gw pake tenaganya saat SAINTEK dan kampretnya lagi adalah muncul soal bertipe sebab-akibat. Konon katanya ini soal TKPA tersulit. 

Gw disini cukup frustasi karena yang biasanya gw bisa ngerjain hampir semua soal TKPA, waktu ujian gw hanya bisa seinget gw mungkin setengah. Pokoknya ga seperti performa gw waktu ngerjain soal TO di tempat bimbel.

Bel Berbunyi tanda ujian selesai

Gw lansung buru-buru buka line dan gw kaget banyak temen gw yang ngerjain soal TKPA itu banyak yang dijawab.Disitu gw cuman bisa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya gw bisa lulus dpt PTN pilihan gw nomor 1

TIMESKIP

Pengunguman SBMPTN 2017 tiba, saat pengumuman jam 14.00 gw sangat penasaran dengan hasil gw LULUS/TETAP SEMANGAT. Bodo amat gw diterima atau engga karena gw udh ada cadangan swasta di Telkom. banyak server dan minor server yang fullload. Dalam hati gw banyak yang penasaran juga yak wkwkwkw. Setelah sekian kali gw mencoba akhirnya bisa dicoba juga dan hasilnya adalah


Gw cuman bisa bengong gak tau ngomong apa. Speechless. Gw cek web PTN resminya dan ternyata bener gw beneran lulus. Alhamdulillah



Gw lansung cek line, banyak temen gw yang lulus, ada yg di IPB, UNJ, UIN dll.

Inti dari cerita ini adalah percaya diri, management waktu yang baik, konsisten, jangan terlalu mudah terpengaruh oleh pekerjaan orang lain. Walaupun gw diterima di PTN yang belum kalian tau. ya mungkin baru tau PTN ini sekarang. Di sini gw cuman mau share pengalaman perdana gw ikut ujian SBMPTN yang katanya horor, soalnya susah lah dll.

Dan Terakhir dari gw. Gw doain semua yang mau ikut SBMPTN 2018 LULUS DI PTN Pilihan pertama kalian.

46 comments

mantap gan, dari awal ane baca seru juga ya hehehe :D, ane kayaknya harus belajar dari sekarang wkwkwk :v

seru juga memang gan, untung aja udah lulus n gak ikutan SBMPTN...

mantep sob seru bener Gregetan gua bacanya .

ane blom pernah daftar sbm , telat mulu

Amin semoga pada lulus ujian sbmptn nya

jadi ingat jaman dulu, waktu ane lulus sbmptn

Keinget dulu waktu ane pas SMK, ane mau daftar SBMPTN tapi langsung ambil keputusan ke univ swasta aja deh wkwk

alhamdulillah saya juga keterima gan. terimakasih telah share pengalamnnya gan semoga jadi motifasi juga terhadap yang lain.

mantap gan keterima dimana nih

Haha, andai gua bisa ikut SBMPTN sayangnya ga ikut. Lebih memilih jalur lain gan :D

Well, selamat ya.. semoga nanti jadi lulusan yang benar-benar terbaik untuk semua..

wihh selamat gan lulus nih yee Sbmptn nya,,, ane ga lulus waktu 2010 :( tapi alhamdulillah juga ane udah lulus S1 lah perjuangan,,, selamat berjuang gan di perkuliahan heheheh

waduh makasih gan, semoga sukses di dunia kerja

Mantaf nggak ada perjuangan yg sia2 gan. Sukses

selamat ya gan ciee yang lulus SBMPTN ,,,, semoga sukses kedepanya

Fisika emang kadang soalnya gak ada yang dipelajarin, kan kamvret ya, hehe..

Nice ceritanya gan ^_^

Waahhh kalo gua dlu gk brani ikut sbmptn gan ,, wkwkwkwwk

wkwkw cerita yang menarik gan , untung gua dlu mulus2 aja daftar masuk kuliah

mantaf gan . pengalaman yg seru

pengalaman saya pas sbmptn paling suka pas kenalan bareng orang lain jadi sekalian nambah temen, hhaha

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

udah buat yang gak sukses sbmptn kan masih bisa ternak lele atau ke pts

Kalau terima di ITS, berarti kuliah di Lampung dong Om. Kalau udah di Lampung kontak-kontak Om.

hahahah ternak lele, masuk UPIL aja gan

Aamin.. jangan lupa usaha dandoa hehhe

Wah proses panjang banget, emng ya usaha keras itu gak mengkhianati. Btw selamat ya bro. Kayanya gue tahun depan nyusul smptn 😆

bener gan satu nasib, ujian bareng2

Seru gan. Dan setelah semuanya terlewati alangkah indahnya..

Terimakasih informasinya gan,
Cocok nih buat yang mau lanjut ke ptn

Hi Ramli, thanks for reply.

Aamin.. semoga bisa jadi motivasi buat yang mau SBM

Kalau seru share ke temen-temen lu ya! Terima kasih..

pernah dulu ikut SBMPTN 2016, soalnya (Saintek) ternyata "gila-gilaan" sulit sangat...

Hi, Reza. Thanks for reply.

Wih ada senior nih :D, kalau bisa sharing-sharing pengalamannya di sini bro

Makasih tulisannya sangat membantu saya^^ saya smk saya ngedown di sbmptn,tapi saya akan coba:)

Mantap kak.. jadi bawa sans aja gitu ya? Daan jgn lupa berdoa
Doain pejuang sbm 2018 kak :)

Hi Marshita,
Sama-sama, dan gak usah ngedown ada banyak murid SMK melanjutkan kuliah dengan berbagai alasan kok :)

Hi, Auliaa.
Yup, santai tapi serius. Jangan pernah sia-siakan waktu. Gw doain semoga dapet di PTN yang lu inginkan

hai kak, aku peserta sbm yang baru aja tadi tes sbm :v huahaha, aku kaget banget kak temen2 seruangan itu ngisi semua gitu, walau gatau atau asal isi aja, tadi saintek aku ngisi kimia 8 biologi 3 wkkw, pas liat lagi keknya aku deh yang pling dikit ngisi di lju, dah si pengawas kek heran gitu, ywdh sih ya kan, drpd asal asalan wkkw, ohiya tpa aku alhamdu ngisi 60 soal ~ dan itupun ada yang ga yakin karena wis gilak cepet banget cuy waktunya, baru di tpa si pengawas dah ngomong “nak 35 menit lagi yak”, dah langsung cepet2 dah gw hahaha menurut kk gimana ya :v

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Hi, Aol.
Gimana otaknya abis SBM? pasti mumet, pusing wkwkwkw. Abis SBM jangan keterusan santai-santai dulu ya, perjuangannya belum selesai loh. Ngomong2 soal itu, gak usah minder ngisi jawabannya dikit, yang banyak belum tentu lulus kok. Pengalaman gw kemarin banyak temen gue yang ngisinya banyak, malah hampir full TPA-nya tapi ga lulus. BTW, jangan lupa banyak berdoa ya supaya di terima di PTN yang lu pilih. GL

Sesama Luthfi, doain gan semoga saya keterima di teknik sipil UI dan ITB

Halo, Luthfi.

Wah, milih UI/ITB, nih? Walaupun begitu, semangat terus ya!


EmoticonEmoticon