30/07/17

Tips Merawat Laptop yang Benar ala Gw

Sebelum gw resmi menjadi mahasiswa yang menempuh prodi teknik informatika, gw adalah seoarang geek terhadap bidang teknologi. Sebagai orang yang antusias terhadap bidang teknologi, sudah pasti gw up to date terhadap perkembangan teknologi zaman sekarang.

Sebagai seorang yang antusias terhadap bidang teknologi, gw sering sekali mendapatkan pertanyaan masalah hardware dan software dari temen-temen gw. Terlebih lagi tentang laptop. Banyak temen-temen gw yang nanya ke gw, " Fi.. kok laptop gw kalo maen suka mati sendiri yak?", "Cuk, hard disk gw kalo copypaste filmbiru  data kok lama yak?" dan lain sebagainya.

Sejujurnya masalah di atas bisa diselesaikan secara mandiri, banyak kok artikelnya di google baik lokal, interlokal, nasional, dan internasional. Akan tetapi, you know lah.. kalau udah mager, maunya yang instan-instan aja. Padahal junkfood aja perlu dimasak dulu bray. 

Oleh karena itu, gw ingin berbagi tips merawat laptop yang benar versi gw sendiri based on pengalaman gw yang mungkin berguna bagi kalian pengguna laptop. Tipsnya apa aja sih? Check it below...


1.Bersihkan Bagian Eksternal dan Internal Laptop Secara Berkala


Seperti rumah yang perlu disapu dan dipel setiap sorenya, Laptop harus dibersihkan juga bray. Bersihkan bagian terluar laptop terlebih dahulu seperti: keyboard, layar, lubang exhaust, dan bodi laptop. Kemudian, dilanjutkan dengan bagian dalam laptop seperti: chip processor dan GPU, lubang intake, motherboard dan kalau perlu cabut heapipe yang tersedia dan bersihkan. Lakukan secara berkala, biasanya gw ngelakuin ini setiap hari Jumat karena gw punya kebiasaan Jumat bersih sejak SD.

Jangan lupa bersihkan meja yang dipakai untuk menggunakan laptop. Ya percuma dong.. laptop bersih tapi mejaknya banyak debu. Analoginya, lu setiap sore mandi tapi baju sama celana enggak pernah dicuci. Sama aja boong.

Sebagai warning, jangan pernah menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, karena itu membuat sirkulasi udara dalam laptop terganggu dan membuat panas dalam laptop meningkat.


alat gw ngebersihin laptop


2.Jangan Terlalu Banyak Menginstall File Bajakan


Seperti yang kita ketahui, file bajakan sesungguhnya telah disisipi oleh para pembajak sebuah malware dan adware. Malware dan adware tersebut dapat menggangung kinerja laptop sehingga laptop pun terasa lemot dan mudah sekali untuk not responding.

Apabila laptop lu sering dipake untuk streaming movie bajakan ataupun mencari file bajakan untuk tetap berhati-hati. Jangan terlalu mudah klik tulisan  download yang tertera di website tersebut karena itu hanya sebuah iklan yang bila kita klik bisa aja otomatis mendownload file aneh-aneh yang terdapat virus di dalamnya. Bagaimanapun juga langkah terbaik adalah untuk mendownload file original dari situs resminya. Toh.. kita sebagai manusia harus menghargai karya para developer yang susah-susah koding setiap malem sampe ngabisin stok kopi di warung sebelah. Eh.. karyanya malah dibajak, sakit tapi tak berdarah.


Nah.. kalau laptop kalian sudah terinfeksi seperti gambar diatas, secepatnya untuk lu hapusin itu virus dengan cara menggunakan adware removal. Kalau kalian enggak paham bisa komen di bawah atau bisa meminta bantuan kepada temen kalian yang lebih mengerti soal komputer.


3.Lakukan Calibration Pada Baterai Laptop


Ada beberapa pihak vendor yang memberikan fitur ini secara default. Seperti laptop yang gw pake yaitu MSI, kalian pengguna laptop MSI tidak perlu khawatir karena pihak MSInya sendiri sudah memberikan fitur Batteries Calibration di dalam software Dragon Center.

Bagi yang kuram paham apa itu Batteries Calibration, secara dasarnya adalah sebuah teknik untuk merawat baterai seperti baru. Beberapa vendor menyarankan untuk melakukan Batteries Calibration ini secara 2-3 bulan sekali.


4.Jangan Selalu Mengecharge Laptop Ketika dipake


Sebenarnya ini berkaitan dengan poin nomor 3. Untuk membuat baterai laptop awet, jangan pernah untuk selalu mengecharge laptop  ketika dipake karena hanya membuat beterai dalam laptop bocor. Percuma dong.. udah kaliberasi tapi laptop di charge mulu setiap saat.

Akan tetapi, bagi kalian pemilik laptop keluar terbaru tidak perlu khawatir untuk menggunakan laptop saat di-charge karena beberapa laptop sudah mempunyai fitur bawaan yang bernama Auto Cut Off, yaitu sebuah fitur ketika baterai menembus angka 90% lebih maka otomatis aliran listrik dari kabel power akan terputus ke baterai dan di alihkan lansung ke sistim.




5.Lakukan Pengecekan Terhadap Laptop Secara Berkala


Lakuin hal ini minimal sebulan sekali atau ketika kalian nemuin masalah-masalah aneh yang tidak familiar ataupun ketika kalian tidak bisa menemukan solusi dari masalah tersebut dari Google. Alangkah baiknya datanglah ke service center ataupun kalau mau gratisan *ya siapa juga yang gak mau gratisan* bisa dateng ke temen kalian yang lebih paham soal komputer. Walaupun begitu, sadar diri lah... udah dibenerin sama temen kasih minum sama makan kek.. jangan mental gratisan mulu bray...

Jadi, itulah tips ala gw bagimana merawat laptop yang benar, Secara sadar enggak sadar, antara hidup dan mati, banyak sekali orang yang sangat menyepelekan beberapa hal di atas

Jika kalian memiliki pertanyaan dan masalah silahkan komen dibawah. Ingat, jangan masalah pacar ya bray. Sebisa mungkin gw bantu dengan seluruh jiwa dan raga gw ini.

23 comments

file bajakan yang susah gan hehe, soalnya kebutuhan terhadap file udah banyak nih hehe

leptop ane harus di colokin casan terus .. klo di cabut mati .. gimna ya .

itu di pasang gak baterainya?

sebisa mungkin dihindari bray

pas baca "bersihkan meja yang dipakai" langsung reflek angkat laptop trus liat debu di meja. wkwkw duh kalo bersihin daleman laptop ane ga ngarti buka2 gan, bisa sih. tapi masangnya ga bisa

wuaah wkwkwk, bersihin gak bahaya kalo debunya masuk ke dalam laptop.

wah ane malah gak pernah ane bersihin dah 5 tahun... bagus jga tipsnya gan

dicoba bray, udah 5 tahun gak dibersihin kayaknyabanyak debu

Ane kalo ngebersihin internal laptop belum pernah gan, apakah itu harus banget nya?

harus gan memperpanjang umurnya

nmr 3 inih yang blm pernh ane lakuin. baru tahu... makasih om..

Baru tau baterai laptop bisa di kalibrasi, dicoba dulu gan

Mantapgan infonya, punya laptop tapi ga pernah ane rawat wkwk, sofwer bajakan banyak lagi wkwk.
Mulai dari sekarang saia akan hapus beberapa sopwer yg ga penting biar lancar wkwk

ga berani bersihin daleman laptop, paling luarnya aja di lap pake tisu ala kadarnya.. hehe
70% yg ane bajakan semua nih, duuuh :D

wah setiap orang memang berbeda ya cara membersihkan laptop

Saya selalu menghindari Mengecharge Laptop Ketika dipake, tapi kebutuhan yang memaksa untuk terus dipakai. Ahirnya membeli PC.

yup kalau mau di pake terus2 PC memang lebih baik

lepi ane selalu dipake tiap saat, tapi posisi gapernah dipindahin.. pas baca "jangan lupa bershikan meja", ane langsung angkat laptop dan kaget ngeliat debu banyak sangat hahahaha

bersihin bray kalau udah kayak gitu wkkw

tengkyu infonya bro, btw laptop ane touch-nya error nih bro (sentuh2 sendiri) b-(, punya solusinya nggak bro?

Halo Topik, Thanks udah komen.

bisa diceritakan secara rinci error seperti apa?

laptop ane touchscreen bro, kalo dinyalain ada satu titik yang sentuh2 sendiri, gitu..

Laptop dan Windows apa yang lu pake? kalau bisa beserta versi drivernya untuk mempermudah menganlisis masalah.


EmoticonEmoticon