19/08/17

Sibuk-2: Ospek


Sebuah cerita kelanjutan dari part sebelumnya. Kali ini gw bakal ngasih tau ke kalian semua seperti apa sih ospek di kampus gw ini. Seperti yang kita ketahui sebagai siswa/mahasiswa baru pasti lu semua ngalamin hal ini dan hal ini wajib. Yes.. WAJIB!

Ospek di kampus gw ini terdiri dari 2 batch, batch ke-1 itu dinamai dengan gugus pancasila, sedangkan untuk batch ke-2 dinamai gugus  proklamasi. Gw kedapetan batch ke-2 dan itu menurut gw kampret bener, karena ketika batch ke-1 sudah selesai melakukan ospek, mereka mempunya waktu luang kurang dari seminggu dan itu menurut gw itu cukup untuk pulang ke rumah untuk mengobati homesick gw ini.

Maklum...kangen rumah...

Ospek kampus gw ini diadakan selama 3 hari. Bentar? gak njir! ospek di sini itu dari jam 3 pagi sampe jam 5 sore dan itupun tidak termasuk waktu briefing yang di adakan dari jam 7 malem sampe jam 9 malem. OMG.. waktu gw tidur sudah terbuang.

Setelah selesai briefingpun kita dikasih tugas-tugas yang nantinya hasil dari tugas itu kita wajib membawa selama kegiatan ospek berlansung. Disuruh buat nametag pribadi, nametag tas, propsal dan macem-macem dah... Beruntung oh beruntung, ternyata tugasnya gak jauh beda dari batch 1, jadi gw bisa dapet refrensi deh hehehe. Jangan di tiru yak! Oh iya... ospek di telkom ini diberi nama PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru).


regu gw ospek bray

Kami diberi waktu persiapan sekitar 4 hari untuk menyelesaikan tugas tersebut. Saat ospekpun kami dibagi menjadi beberapa regu hingga 115 regu. Setiap regu mempunya kakak-kakak GT sebagai anggota, Regu gw mendapat kakak cewek bernama Bella Salsabila, gw memanggil teteh bella karena ya.. gw kuliah di Bandugn sih wkwkwk. Untuk tugas regu, dibagi menjadi beberapa bagian, ternyata gw dapet tugas Creativy Contest bidang teknologi, karena waktu yang cukup mepet dengan tugas lain, Dengan menggunakan seluruh jiwa dan raga gw mendapatkan ide untuk membuat proposal dengan judul Face Scanner for Absent. Aneh? Iya, aneh banget menurut gw wkwkw.

Saat hari pertama PKKMB berjalan, gw udh bangun tidur jam 2 pagi, jir.. pagi banget, tapi mau bagaimana lagi karena kamar asrama gw terdapat 2 orang lagi yang batch ke-2 juga sama kayak gw, otomatis gw gak mau rebutan siapa yang mandi duluan. Kalau udah kayak gitu semua jadi telat dan kena hukuman. Capek deh..





Mobilisasi jam 3 pagi untuk pergi ke TUCH, diikuti dengan sebuah kantuk yang maha dahsyat bukan acara nyanyi yak bray, dan diiringi oleh suara kakak-kakak yang mengatur barisan kami suapaya tetap rapih dan tidak acak-acakan.

"Rapat dua banjar!!!" - DMT

Setelah mobilisasi ke TUCH, kami melakukan salat subuh berjamaah dan setelah itu kami di wajibkan untuk mencata semua seminar yang di berikan oleh para narasumber yang ada.

Seminar pertama diberikan oleh seorang Syekh, ntah gw lupa nama orangnya, dia memberikan siraman rohani yang menyegarkan batin dan raga gw ini dan seketika kantuk yang rasakan itu hilang.

Selanjutnya, Seminar ke-2 di berikan oleh ketemua MPR RI - Bapak Zukifli Hasan, beliau memberikam penjelasan tentang empat pilar MPR RI. Setelah beliau selesai berbicara, dibukalah sesi tanya jawab. Karena hanya disediakan 5 orang penanya, alhasil gw gak dapet kesempatan untuk bertanya dengan beliau.

Hari ke-2 adalah hari keberuntungan bagi gw karena ospek yang diadakan dilakukan di setiap fakultas dan oleh prodi masing-masing mahasiswa. Hari ke-2 ini sangat asik karena dilakukan bisa ketemu temen-temen satu angkatan dan kakak tingkat juga.

Inti dari hari ke-2 ini hanya pengenalan fakultas,prodi, dan juga dosen. Tetapi sayang, wali dosen gw ternyata sedang malakukan cuti melahirkan jadi gak ketemu beliau, Tapi untungnya sementara wali dosen gw di pegang oleh bapak Amir. Doi maen DoTA loh dan juga laptopnya asus ROG. Cukup beruntung sih di hari ke-2 ini karena pulang dari PKKMB lebih cepat dari hari kemarin.

Hari ke-3 adalah hari terakhir gw ospek, sama seperti sebelumnya melakukan mobilisasi jam 3 pagi yang sangat cerah ini *sarkas* dan ditemani oleh kantuk yang cukup hebat. Saat itu juga adalah hari puncak PKKMB. Dimulai dengan seminar seperti biasa dan ditutup dengan hebat.

Setelah semua seminar selesai dan semua tugas selesai, kami dimobilisasi pergi ke depan gedung Tokong Nanas atau GKU. di sana kami melakukan upcara penutupan PKKMB yang di akhiri dengan pengibaran bendera tercinta - Merah Putih yang sangat besar. That's moment was so spectacular karena di barengi dengan ulang tahun Universitas Telkom yang ke-4 dan hari kemerdekaan RI ke-72.

Menurut pendapat objective gw, acara PKKMB 2017 ini sebenernya seru dan menyenangkan karena setiap acara itu ada doorprizenya dan acara ini juga bertujuan untuk menyatukan kita sebagai mahasiwa baru di universitas telkom. Hidup Mahasiswa! Akan tetapi, sayang seribu sayang PKKMB ini tidak terlalu memprioritaskan kegiatan beribadah (baca: salat) bagi umat muslim karena tidak diperbolehkan wudu di kamar mandi dan waktu wudu yang diperbolehkan relatif sebentar.



Happy independence day of Indonesia!!


EmoticonEmoticon