06/06/18

Tips Manajemen Waktu Supaya Perkuliahan Lancar


Yo everyone.. Gimana kabar kalian semua? Semoga baik-baik aja ya. Pada postingan kali ini gue mau berbagi tips bagaimana melakukan manajemen waktu supaya perkuliahan lancar.  Dan mungkin tips ini tidak hanya berguna bagi aktivitas perkuliahan saja. Bisa jadi membantu anda dalam manajemen waktu sehari-hari. Walaupun begitu tips disini bakal gue tekankan dalam lingkup perkuliahan.


sumber: google inages

Mungkin salah satu dari kalian ingin sekali memiliki IPK yang tinggi, bisa dikatakan lebih dari 3.50 atau memiliki prestasi gemilang di dunia perkuliahan. Hal tersebut juga berlaku bagi gue, tips ini udah gue lakukan dan alhamdulillah, it's works. Perkuliahan gue lancar dengan IPK di atas 3.5. Apa aja sih tipsnya? Berikut 2 tips dari gue.

1. Buatlah Sebuah Timeline

Selama kuliah pasti kita disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, entah itu dari tugas yang diberikan oleh dosen, kegiatan himpunan dan acara unit kegiatan mahasiswa. Sudah dipastikan jika kalian sangat aktif pasti jadwal kalian sangat sibuk. Dengan temen-temen semua membuat timeline kalian minimal selama seminggu kedepan, kalian akan terbantu sehingga temen-temen semua dapat menyiapkan banyak hal dari jauh-jauh hari dan temen-temen tidak akan keteteran atau banyak kegiatan yang bentrok. 


Temen-temen dapat membuat sebuah timeline menggunakan aplikasi software seperti notes yang ada di gadget kalian atau menggunakan cara konvensional menggunakan kertas. Gue sih biasanya pake note kertas yang biasa di tempel di dinding-dinding.

2. Tentukan Prioritas


Pernah ga sih temen-temen harus memilih dua kegiatan di waktu bersamaan? Ngeselin kan ya? ya begitulah yang gue rasaka, Tips kedua ini masih berkaitan dengan tips pertama. Saat membuat timeline kegiatan, temen-temen harus memperhatikan skala prioritas kegiatan temen-temen semua. Ada empat kategori prioritas dari tingkat paling atas sampai tingkat paling bawah.

  • Penting dan Mendesak
Skala prioritas pertama ini adalah tingkat paling atas. Pada skala ini temen-temen tidak boleh menunda kegiatan tersebut. Biasanya kegiatan pada skala ini adalah kegiatan yang perlu tindakan dan perhatian segera, Contohnya adalah kabar buruk keluarga, tugas dengan deadline yang sangat mepet, kuliah dll.

  • Mendesak Tidak Penting
Prioritas kedua ini adalah kegiatan yang tidak terlalu penting tapi mendesak. Biasanya kegiatan ini tidak sensitif terhadap waktu. Misalnya silaturahmi, kegiatan dengan deadline yang bersifat wacana dan me-review-ulang pelajaran yang sudah temen-temen pelajari. 

  • Penting Tidak Mendesak
Skala prioritas kali ini bersifat jangka panjang. Misalnya temen-temen adalah mahasiswa tingkat akhir yang, nah,  mengerjakan skripsi adalah kegiatan yang termasuk skala prioritas ini. Selain itu, kegiatan seperti menjawab panggilan atau chatting temen juga termasuk kegiatan ini.

  • Tidak Penting Tidak Mendesak
Kegiatan terakhir adalah kegiatan yang mungkin sering kita lakukan dan melupakan tiga prioritas sebelumnya. Contohnya adalah menonton tayangan yang tidak perlu, nongkrong tanpa tujuan yang  benar dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya hanya merugikan-merugikan orang lain.

Sekian tips manajemen waktu supaya perkuliahan lancar. Walaupun begitu, tips ini tidak berguna bagi temen-temen semua jika temen-temen tidak melakukan hal tersebut dengan konsisten. Selamat mencoba bagi temen-temen yang ingin melakukan implementasi tips dari gue. Semoga sukses


EmoticonEmoticon