23/06/18

Unboxing MSI GS63 (Bahasa Indonesia)


Yo... everyone dengan gue kembali pada kesempatan kali ini gue mau unboxing laptop baru gue *insert happy song* yeay. Akhirnya, gue akhirnya beli laptop lagi setelah sekian lamanya menabung. Alhamdulillah, Allah ngasih gue rezeki yang gak terduga lewat blog ini dan dibantu juga sama duit orang tua gue. So, thanks to God, orang tua gue, temen-temen gue dan pembaca blog gue ini yang selalu setia baca. Well, blog ini gak bakal bertahan lebih dari 2 tahun kalau gak ada kalian guys. Thanks a lot guys ðŸ˜‡.

Mungkin yang baru baca artikel ini mungkin binggung maksudnya apa gue beli laptop ini, baru upgrade apa gimana?!. Jadi, kemarin laptop gue kecurian di kantin kampus gue. Merek laptopnya sama-sama MSI tapi dengan seri yang berbeda. Laptop gue yang dulu itu serinya GP62. Kalau mau spesifik serinya GP62 7RD. 

Lansung aja kuy, unboxing

It's here... guys

Kotak box laptopnya memiliki desain yang sangat simpel dan elegan. Gak banyak tulisan-tulisan yang bikin box ini keliatan lebih ngejreng dan embel-embel gaming pada hakikatnya laptop gaming. Simple as it, box berwarna dof hitam dan hanya ada logo naga yang sebagai ciri khasnya MSI yang diikuti dengan tulisan brand-nya di bawah logo si naga dengan warna merah. Oleh karena itu, gue foto bagian atasnya aja karena dibagian lainnya gak ada tulisannya apapun yang bisa gue tunjukin ke temen-temen semua.

Inside the box: laptop dan charger
Inside the box: kitab-kitab laptop

Ketika boxnya dibuka untuk pertama kalinya, terdapat laptop itu dan dibagian kiri tersebut adalah kotak bungkus charger dari si laptopnya. Kemudian. di bawah laptop tersebut terdapat kitab-kitab suci a.k.a buku-buku mengenai laptop ini. Ada buku manual guide, buku garansi, buku laptopnya sama, buku tutorial tentang function key. 

Laptopnya. BTW itu pouch-nya gak kotor cuman efek cahaya aja hahahah
Laptopnya bisa 180* 
Keyboard laptopnya

Sekarang kita fokus ke laptopnya. Seperti laptop MSI pada umumnya, keyboard yang digunakan adalah keyboard yang dirancang oleh SteelSeries - perusahaan peripheral pc seperti headset, mouse dan lain-lain yang juga brand favorite gue untuk masalah ini hahaha. Dan juga headset ini memliki layout yang khusus seperti tombol windows yang berada di kanan tombol spasi yang biasanya kita lihat pada laptop pada umumnya berada di kiri keyboard. 
Keyboard ini memiliki RGB Backlit yang disayangkan belum per-key RGB. Pencahayaan pada laptop ini di bagi menjadi tiga tingkatan dan 3 zona RGB backlit yang bisa disinkronisasikan dengan perangkat SteelSeries dan MSI lainnya melalui software SteelSeries Engine.


Karena ini laptop berorientasi gaming, laptop ini memiliki speksifikasi berupa Intel Core i7 -7700 HQ, GTX 1050 2GB, RAM 8GB, 1TB HDD + 128GB SSD, 65 Wh battery, dua speaker dan sudah built-in windows 10 original. Untuk soal performance, user experience, upgradebility dan ketahanan baterai bakalan gue bahas di postingan selanjutnya which is postingan review menganai laptop ini. Ditunggu aja ya guys.


Untuk desain. Laptop ini tetap memiliki desain elegan dan ramping yang identik dengan laptop MSI seri GS-lainnya dengan warna hitam doff berbahan plastik dan memiliki logo dibelakang yang bisa menyala. Selain itu laptop ini memiliki aksen merah di bagian trackpad-nya dan aksen bewarna merah di belakang bawah laptop.



Bagian depan laptop
Bagian kanan laptop
Bagian kiri laptop
Bagian depan laptop
Bagian bawah laptop
Beralih ke I/O Port, laptop ini memiliki port yang sangat lengkap. Di bagian kanan laptop terdapat; (dari kiri) Power Button, USB 2.0, USB 3.0 Type C, HDMI, mini display port, power port dan exhaust port.  Cukup aneh ketika tombol power ada di bagian ini. Di bagian kiri laptop terdapat; (dari kiri) exhaust port, kensington lock, RJ 45, SD Card Slot. tiga buah USB 3.0 dengan salah satunya dan combo audio jack dengan gold plated khas MSI.

Laptop ini memiliki empat exhaust atau tempat untuk ngeluarin suhu panas. Tempat exhaust tersebut berada dua di belakang laptop, satu di kiri dan satu lagi di kanan laptop. Exhaust di bagian kanan agak ngeselin juga sih kalau misalnya laptop ini gue pake buat rendering, bakalan kerasa banget hawa panas yang keluar. Gue ngakali masalah ini pake cooling pad biar gak kena tangan kanan gue. 

Di bagian bawah laptop terdapat empat lobang intake dan 2 buah speaker di kiri kanan laptop. Sedangkan di bagian atas keyboard itu adalah lubang intake juga. Sehingga airflow dan suhu laptop ini menurut gue dapat terjaga.

Beralih ke indikator, laptop ini memiliki indikator berjumlah tujuh led indicator yang jika aktif akan bewarna merah. Indikator tersebut adalah (dari kiri) indikator sleep mode, HDD, Num lock, caps lock, bluetooth, wifi dan status nge-charge baterai.


Charger laptop
Charger dari laptop ini cukup kecil dan ramping. Mudah di bawa kemana-mana  dan gak berat. BTW, charger ini diibekali dengan arus sebesar 150W.

Mungkin diantara kalian ada yang binggung kenapa gue milih brand ini lagi. Jawabanny adalah di pasar saat ini gue belum dapet laptop dengan speksifikasi yang cukup tinggi dengan berat dibawah 2kg - berat laptop ini 1.8kg dengan harga dibawah 15 juta. 

Speksifikasi lengkap:
Display : 15.6" FHD, Anti-Glare (1920*1080) eDP IPS-Level
Processor : Kabylake i7-7700HQ
Memory : 8GB DDR4
Hard Drive : 128GB PCie SSD + 1TB (SATA) 7200rpm
Graphics : nVidia Geforce GTX 1050, 2GB GDDR5
Optical Drive : N/A
Operating System : Windows 10 Home
Networking
Killer Gb LAN
Killer ac Wi-Fi + Bluetooth v4.1
Slots/Interface :
1x Type-C (USB3.1 Gen2 / DP / Thunderbolt™3)
3x Type-A USB3.0
1x Type-A USB2.0
1x RJ45
1x SD (XC/HC)
1x (4K @ 60Hz) HDMI
1x Mini-DisplayPort
1x Mic-in
1x Headphone-out (HiFi / SPDIF)
Audio : 2x 2W Speaker
AC Adapter : 180W
Keyboard : Backlight Keyboard (Full-Color)
Battery : 3-Cell , 65 Whr
Webcam : HD type (30fps@720p)
System Dimensions : 380 x 249 x 17.7 mm
Weight : 1.8 kg
Warranty : 2 Year MSI Warranty
Bonus : Air Backpack 


EmoticonEmoticon